Selasa, 06 Desember 2011

Laporan PPL 2 Julian


LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL II)
(Praktik Mengajar)

Nama                           : Julian Anwar
NPM                           : 306.08.12.081
Jurusan/PS                   : Pendidikan Bahasa Inggris
Tempat Praktik : SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin
           

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
(STKIP PGRI)
BANJARMASIN
2011/2012
LAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN II [PPL II]
[Praktik Mengajar]
Tahun 2011/2012


Hari/Tanggal  : 26 September – 3 Desember 2011


Menyetujui :
Dosen Pembimbing                                                                    Guru pembimbing


Rully Rozhani, S.Pd                                                                Aulia Yulinda, S.Pd
NIK. 050102068                                                                NUPTK 7050757659300053

Mengetahui,

              Kepala UPPL,                                                                              Kepala Sekolah,


              Dra. Hj.Rezky Nefianthi Wahab, M.Si                                      Drs. Muhammad Yusuf
              NIP. 19651015 199203 2 004                                                      NIP. 19651110 199303 1 007
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-NYA lah maka Laporan Praktek Pengalaman II ini selesai pada waktunya.
Mengenai hasil dari pembuatan Laporan Praktek Pengalaman ini, sebelumnya saya harus melakukan kegiatan yaitu melakukan praktek mengajar terlebih dahulu, yang mana telah di laksanakan selama 2 bulan terhitung mulai dari tanggal 26 September sampai dengan 3 Desember 2011 yang bertempat di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Tujuan dari Praktek Pengalaman Lapangan tersebut adalah untuk melatih kemampuan menjadi seorang guru di dalam proses belajar mengajar.
Dalam penulisan laporan ini tidak terlupa oleh saya untuk mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu saya guna tersusunnya laporan ini, Khususnya kepada :
1.   Bapak Drs.Abidinsyah, M.Pd , selaku Ketua STKIP-PGRI Banjarmasin
2.      Drs.Muhammad Yusuf selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin.
3.      Bapak Rully Rozhani, S.Pd selaku Dosen Pembimbing.
4.      Ibu Rezky N.W, M.Si selaku Kepala Bidang UPPL.
5.      Bapak Muhammad Haryandhi Muammar Saleh, S.Pd, selaku Dosen Pengantar dari STKIP-PGRI Banjarmasin
6.      Aulia Yulinda, S.Pd selaku guru pembimbing Bahasa Inggris untuk kelas XI,dan XII.
7.      Seluruh Dewan Guru dan Staff  Tata Usaha serta seluruh siswa dan siswi SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin yang telah membantu saya dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan II [PPL II] ini.
8.      Semua pihak yang telah turut membantu dalam pelaksanaan observasi dan penyusunan laporan ini.


Dalam penyusunan laporan ini mungkin masih banyak kekurangan di dalam laporan ini, ini disadari karena keterbatasan waktu dan kemampuan kami dalam melaksanakan hasil akhir dari laporan tersebut. Oleh sebab itu, kritik dan saran yang konstruktif sangat di harapkan.  
Akhirnya, saya berharap agar laporan ini dapat bermanfaat bagi lembaga dan sekolah yang terkait.
                                                                       
Banjarmasin, 3 Desember 2011


                                                                                                            Penulis





DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I  Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan PPL II
1.3 Waktu Pelaksanaan PPL II
1.4 Tempat Pelaksanaan PPLII
1.5 Kegiatan Dalam PPL II
BAB II  Pelaksanaan Program
2.1 The First Meeting, Talking and Leaving Telephone Message
2.2 The Second Meeting, Conjunction
2.3 The Third Meeting, Subjunctive “Wish” and “If Only”
2.4 The Fourth Meeting, People’s Job Using Simple Present Tense
2.5 The Fifth Meeting, Curriculum Vitae
2.6 The sixth Meeting, Telling about Past Events
2.7 The seventh Meeting, Telling about Past Events [Mid Test]
     
2.8 The Eighth Meeting, [Final Test]

BAB III  Kesimpulan dan Saran-saran
BAB IV  Lampiran - Lampiran









BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Program kegiatan pengalam lapangan merupakan kegiatan kurikuler yang dilaksanakan oleh setiap mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin yang mencakup latihan mengajar dan tugas kependidikan lain di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan di dalam pembentukan profesi guru sebagai tenaga pengajar yang professional. 
Sistem pengalam lapangan adalah terpadu dan terarah di mana mahasiswa calon guru dibimbing oleh Guru pembimbing dan Dosen pembimbing dan kepala Sekolah dalam kegiatan PPL II tersebut berdasarkan kondisi pelaksanaannya sehingga tujuan PPL II dapat tercapai.
Praktek Pengalam Lapangan II [PPL II] adalah tahap latihan mengajar dan tugas kependidikan lainnya yang dilaksanakan terintegrasi dalam situasi nyata di Sekolah latihan baik secara terbimbing atau mandiri.
1.2  Tujuan PPL II
Secara umum tujuan PPL II bertujuan membentuk profesionalitas guru dan tenaga kependidikan lainnya.
Sasaran yang ingin dicapai adalah terbentuknya pribadi yang mempunyai seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap serta pola tingkah laku yang diperlukan bagi tiap calon guru dalam profesinya, serta cakap dan tepat menggunakannya dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, baik di Sekolah maupun di luar sekolah.
Secara khusus PPL II ini bertujuan agar calon guru dapat :
  1. Menerapkan berbagai kemampuan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata
  2. Menerapkan aspek pribadi dan aspek sosial di lingkungan sekolah
  3. Menarik kesimpulan nilai edukatif dari pengalaman saat pelatihan melalui refleksi, dan menuangkan hasil refleksi tersebut dalam bentuk laporan.

1.3  Waktu Pelaksanaan PPL II
Waktu pelaksanaan PPL II berlangsung sekitar kurang lebih 2 bulan, dimulai pada tanggal 26 September sampai dengan 3 Desember 2011

1.4  Tempat Pelaksanaan PPL II
Sesuai dengan ketentuan penempatan dari UPPL, pelaksanaan Program Pengalam Lapangan II [PPL II] bertempat disalah satu SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin di Kotamadya Banjarmasin, yaitu :
a. Nama Sekolah                            : SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin
b. Nomor Statistik Sekolah : 322156003034
c. Alamat Sekolah                          : Jalan Mangga III Rt. 22
                                                        No. 48 Kelurahan  Kebun Bunga Banjarmasin
d. Kecamatan                                 : Banjarmasin Timur
e. Kotamadya                                 : Banjarmasin
f. Provinsi                                       : Kalimantan Selatan
g. Status Sekolah                            : Swasta

1.5 Kegiatan dalam PPL II
Kegiatan yang dilakukan selama PPL II meliputi tugas Keguruan latihan mengajar di kelas dengan bimbingan dari Guru Pembimbing dan Dosen Pembimbing, juga kegiatan non mengajar yang meliputi : melaksanakan administrasi sekolah, bimbingan untuk siswa yang bermasalah, dan jaga piket harian.


















BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
a. Latihan praktek mengajar dalam kelas merupakan pengalam yang sangat penting bagi  calon guru sebagi wujud nyata dari profesi keguruan yang di dapat dari bangku kuliah.
b. Adanya program pengalaman lapangan II [PPL II] memberikan kesempatan   kepada calon guru untuk dapat mempraktekan apa yang dituntut dalam proses belajar   mengajar di kelas.
c.  Dalam praktek latihan mengajar inilah calon guru diberikan kesempatan penuh untuk mengembangkan potensi dan keterampilan yang dimilikinya dengan didukung kerjasama yang baik antar mahasisa sebagai calon guru, kepala sekolah, guru pembimbing, dosen pembimbing dan para siswa itu sendiri.

3.2 Saran – saran
a.  Kerjasama yang baik antara mahasisa PPL II dengan pihak sekolah harus terus                  dipertahankan
b. Pemberian kepercayaan yang penuh terhadapat mahasiswa PPL II dalam melaksanakan praktek mengajar di kelas oleh guru pamong sebaiknya terus dijaga dan di pertahankan agar mahasiswa leluasa dalam mengembangkan keterampilan dan potensi yang dimilikinya.
c.  Pihak sekolah hendaknya lebih memperhatikan keberadaan mahasiswa ynag sedang praktek di sekolahnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]


 A]. Identitas
Mata Pelajaran                   : B. Inggris
Kelas                                 : XI MM
Semester                            : 1 (satu)
Tahun Pelajaran                  : 2011/2012
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 menit
Tema                                  : Talking and Leaving Telephone Message
Guru Pembimbing               : Aulia Yulinda, S.Pd
Dosen Pembimbing : Rully Rozhani, S.Pd
Pertemuan                          : 1st

B]. Standar Kompetensi [SK]
Siswa dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris secara pada tingkat Elementary Level

C]. Kompetensi Dasar [KD]
Siswa dapat mengerti untuk meninggalkan pesan singkat / sederhana

D]. Indikator
      Pesan (message) yang diterima lewat telepon dicatat dengan benar

E]. Tujuan Pembelajaran
1.  Siswa mampu mengetahui ekspresi talking and leaving telephone message
2. Siswa mampu mengidentifikasi ekspresi talking & leaving telephone message
3. Siswa mampu menerapkan ekspresi talking & leaving telephone message
4. Siswa mampu memainkan peran didepan kelas tentang membuat dan menerima telepon
5. Siswa dapat menjawab soal latihan

F]. Materi Pokok Pembelajaran
          Expression of talking and leaving telephone message.
·        In the beginning
A.     Formal
1.      Hallo, it’s…(mention your name/company) may I help you?
2.      Good morning/afternoon/evening. What can I do for you?
B.     Informal
1.      Hallo, it’s…(name) who is it?
2.      Hallo, it’s…(name).. is it…(name)?
3.      Hallo, it’s…(name), is…(name) there?
4.      Hallo, …(name) speaking
·        To make a call
1.      Greetings (good morning/afternoon/evening)
2.      May I speak to…, please?
3.      Excuse me, is…there?
4.      I’m…, from…(company)
5.      Could you put me through to Mr. /Mrs.…?
6.      Could I leave a message?
7.      Cold you take my message for Mr. /Mrs.…?
8.      Can I take a message?
·        To receive a call
1.      Greetings + name of your company
2.      Can I help you/may I help you
3.      Who’s calling, please/who’s speaking, please
4.      May I have your name please
5.      Hold on, please/just a moment, please?
6.      I’ll put you through to Mr. /Mrs.…?
7.      Do you want to hold on, or call again later?
8.      Could you speak up, please? It’s terrible connection
9.      I’m sorry he/she isn’t here at the moment
10.  Can I take a message?
·        In the end
1.      Nice talking to you
2.      Thank you for...
3.      May I call you later?
4.      Good bye.

G]. Metode Pembelajaran
1. Oral Method.
2. Conversation practice.
3. Question and Answer exercise.
4. Question – response method.
5. Translation method.
6. Evaluation.

H]. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal
·        Salam dan tegur sapa
·        Memeriksa absensi siswa
·        Memotivasi siswa dalam menerima pelajaran
·        Mengadakan tanya jawab tentang “Talking and leaving telephone message”
·        Menyampaikan penjelasan secara garis besar tentang “Talking and leaving telephone message”
2. Kegiatan Inti
Listening           1. Listen to teacher about “Talking and leaving telephone message”
2. Question and Answer about “Talking and leaving telephone message”
      Speaking          1. Read a loud about “Talking and leaving telephone message”
      Reading            1. Reading a loud the text, translate difficult words.
                              2. Reading the text together with a loudly.
      Writing 1. Write the answer on the paper.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru menyimpulkan materi pokok yang telah di pelajari.
b. Evaluasi pambalajaran,serta menanyakan masalah yang terdapat dalam materi
c. Menutup pertemuan.


I]. Media Pembelajaran
Alat & Bahan     :Caption dan gambar.
Effective Communication (English for Vocational High School)
  
                                   
Rencana pelaksanaan pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan guru pembimbing pada tanggal 30 September 2011 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.


      Guru Pembimbing,                                                            Mahasiswa,



      Aulia Yulinda, S. Pd                                                        Julian Anwar
NUPTK 7050757659300053                                         NPM.306.08.12.081


Rencana pembelajaran ini telah diserahkan kepada guru pembimbing pada tanggal 30 September 2011 dan dengan demikian siap untuk dipakai pada hari Senin 3 Oktober 2011 jam pelajaran ke 1-2 dan merupakan latihan ke I.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]


A]. Identitas
Mata Pelajaran                   : B. Inggris
Kelas                                 : XII TKJ 1
Semester                            : 1 (satu)
Tahun Pelajaran                  : 2011/2012
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 menit
Tema                                  : Conjunction
Guru Pembimbing               : Aulia Yulinda, S.Pd
Dosen Pembimbing : Rully Rozhani, S.Pd
Pertemuan                          : 2nd

B]. Standar Kompetensi [SK]
Siswa dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris secara pada tingkat Level Intermediate

C]. Kompetensi Dasar [KD]
Siswa dapat memahami percakapan sederhana sehari-hari dalam konteks professional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli.

D]. Indikator
Ungkapan-ungkapan untuk mengatakan argumentasi digunakan dengan benar.
     
E]. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu memahami penggunaan Conjunction
2. Siswa dapat menggunakan conjunction dalam sebuah kalimat

F]. Materi Pokok Pembelajaran
            Meaning: Conjunction is words that “join.” A conjunction joins two part of sentence.
Coordinate Conjunction
Subordinate Conjunction
For, and, nor, but, or, yet, so (fanboys)
Although, because, since unless

We can consider conjunctions from 3 aspects
·        Form conjunction have 3 basic form:
1.      Single word
Example: And, but, because, although
2.      Compound (often ending with as and that)
Example: Provided that, as long as, in order that
3.      Correlative (surrounding an adverb or adjective)
Example: So…that
·        Function conjunction have 2 function or “job”:
1.      Coordinating Conjunctions are used to join two part of a sentence that are grammatically equal. The two part may be single words or clauses, for example:
- We buy fruit and vegetables at the grocery store.
- The weather was sunny but cold.
2.      Subordinate Conjunction are used to join a subordinate dependent clause to a main clause, for example:
- I went swimming although it was could.
·        Position
1.      Coordinating Conjunctions always come between the words or clauses that they join.
2.      Subordinate Conjunction usually come at the beginning of the subordinate clause.

G]. Metode Pembelajaran
1. Oral Method.
2. Conversation practice.
3. Question and Answer exercise.
4. Question – response method.
5. Translation method.
6. Evaluation.

H]. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal
·        Salam dan tegur sapa
·        Memeriksa absensi siswa
·        Memotivasi siswa dalam menerima pelajaran
·        Mengadakan tanya jawab tentang “Conjunction”
·        Menyampaikan penjelasan secara garis besar tentang “Conjunction”
2. Kegiatan Inti
Listening           1. Listen to teacher about “Conjunction”
2. Question and Answer about “Conjunction”
      Writing 1. Write the answer on the paper.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru menyimpulkan materi pokok yang telah di pelajari.
b. Evaluasi pambalajaran,serta menanyakan masalah yang terdapat dalam materi
c. Menutup pertemuan.

I]. Media Pembelajaran
Alat & Bahan     :Caption.
Effective Communication (English for Vocational High School)                                      

Rencana pelaksanaan pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan guru pembimbing pada tanggal 5 Oktober 2011 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.

      Guru Pembimbing,                                                            Mahasiswa,



      Aulia Yulinda, S. Pd                                                        Julian Anwar
NUPTK 7050757659300053                                         NPM.306.08.12.081

Rencana pembelajaran ini telah diserahkan kepada guru pembimbing pada tanggal 5 Oktober 2011 dan dengan demikian siap untuk dipakai pada hari Kamis 6 Oktober 2011 jam pelajaran ke 6-7 dan merupakan latihan ke 2.















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]


A]. Identitas
Mata Pelajaran                   : B. Inggris
Kelas                                 : XII TKJ 2
Semester                            : 1 (satu)
Tahun Pelajaran                  : 2011/2012
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 menit
Tema                                  : Subjunctive with ”Wish” and ”If only”
Guru Pembimbing               : Aulia Yulinda, S.Pd
Dosen Pembimbing : Rully Rozhani, S.Pd
Pertemuan                          : 3th

B]. Standar Kompetensi [SK]
Siswa dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris secara pada tingkat Elementary Level

C]. Kompetensi Dasar [KD]
Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli dengan ungkapan mengatakan keinginan atau situasi tidak nyata baik untuk masa depan, masa kini, atau masa lampau.

D]. Indikator
Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan keinginanatau situasi yang tidak nyata baik untuk masa depan, masa kini, atau masa lampau(Subjunctive wish and if only) digunakan dengan tepat.

E]. Tujuan Pembelajaran
1.  Siswa dapat mengerti penggunaan Subjunctive with ”Wish” and ”If only”
2. Siswa dapat memahami Subjunctive with ”Wish” and ”If only”
3. Siswa dapat menggunakan Subjunctive with ”Wish” and ”If only”
4. Siswa dapat menerapkan Subjunctive with ”Wish” and ”If only” dalam kalimat

F]. Materi Pokok Pembelajaran
Meaning Subjunctive: are sentence constructions used to express situation that contradict with the real situation.
1.      Subjunctive with Wish
Wish can be used with several different tenses
a.       Wish + Past Simple
This expresses an unrealistic desire for the present situation to be different since there is vry little chance of the change occuring.
Ex. I wish I lived in Australia
b.      Wish + Past Perfect
Regret about the past: something happened or didn’t happen in the past
Ex. I wish I hadn’t dicided to work in that company
c.       Wish + would + Infinitive
Ex. I wish I he would give up Smoking
2.      Subjunctive with If only
Example If only I had wings
Catatan:
Untuk subjunctive dengan Simple Past Tense, semua subjek menggunakan to be "were".

G]. Metode Pembelajaran
1. Oral Method.
2. Conversation practice.
3. Question and Answer exercise.
4. Question – response method.
5. Translation method.
6. Evaluation.


H]. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal
·        Salam dan tegur sapa
·        Memeriksa absensi siswa
·        Memotivasi siswa dalam menerima pelajaran
·        Mengadakan tanya jawab tentang Subjunctive with ”Wish” and ”If only”
·        Menyampaikan penjelasan secara garis besar tentang Subjunctive with ”Wish” and ”If only”
2. Kegiatan Inti
Listening           1. Listen to teacher about Subjunctive with ”Wish” and ”If only”
2. Question and Answer about Subjunctive with ”Wish” and ”If only”
      Reading            1. Reading a loud the text, translate difficult words.
                              2. Reading the text together with a loudly.
      Writing 1. Write the answer on the paper.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru menyimpulkan materi pokok yang telah di pelajari.
b. Evaluasi pambalajaran,serta menanyakan masalah yang terdapat dalam materi
c. Menutup pertemuan.

I]. Media Pembelajaran
Alat & Bahan     : Caption.
                              http://www.ESL.com
Rencana pelaksanaan pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan guru pembimbing pada tanggal 20 Oktober 2011 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.

      Guru Pembimbing,                                                            Mahasiswa,



      Aulia Yulinda, S. Pd                                                        Julian Anwar
NUPTK 7050757659300053                                         NPM.306.08.12.081
Rencana pembelajaran ini telah diserahkan kepada guru pembimbing pada tanggal 20 Oktober 2011 dan dengan demikian siap untuk dipakai pada hari Sabtu 21 Oktober 2011 jam pelajaran ke 4-6 dan merupakan latihan ke 3.





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]


A]. Identitas
Mata Pelajaran                   : B. Inggris
Kelas                                 : XI TKJ 2
Semester                            : 1 (satu)
Tahun Pelajaran                  : 2011/2012
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 menit
Tema                                  : Telling About People’s Job Using Simple Present Tense
Guru Pembimbing               : Aulia Yulinda, S.Pd
Dosen Pembimbing : Rully Rozhani, S.Pd
Pertemuan                          : 4th

B]. Standar Kompetensi [SK]
Siswa dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris secara pada tingkat Elementary Level

C]. Kompetensi Dasar [KD]
Merinci tugas pekerjaan dan latar belakang pendidik yang dimilikinya secara lisan dan tulisan.

D]. Indikator
Bentuk kata kerja digunakan dalam Simple Present dengan tepat untuk menerangkan tugas dan pekerjaan berbagai macam profesi.

E]. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu memahami Simple Present dengan memahami pekerjaan seseorang.
2. Siswa mampu menggunakan Simple Present dengan menjabarkan pekerjaan seseorang.
3. Siswa mampu menerapkan Simple Present dengan menggunakan pekerjaan seseorang.

F]. Materi Pokok Pembelajaran
Meaning Simple present: digunakan untuk menyatakan peristiwa atau kejadian, kegiatan, aktivitas dan sebagainya yang terjadi saat ini. Present Tense juga digunakan untuk menyatakan suatu fakta, atau sesuatu yng terjadi berulang-ulang di masa KINI.
Positif        : S + V1 (s/es)
Negatif       : S + do/does not + V1
Introgative : do/does + S + V1
 

Formula :  


 
   Ex.    (+) A cook prepares food
(-)  A cook does not prepares food
(?) Does a cook prepares food?
(+) Pilots fly aeroplanes
(-)  Pilots does not fly aeroplanes
(?) does Pilots fly aeroplanes?
 (+) A journalist writes for a newspaper
(-)  A journalist does not writes for a newspaper
(?) does a journalist writes for a newspaper?


G]. Metode Pembelajaran
1. Oral Method.
2. Conversation practice.
3. Question and Answer exercise.
4. Question – response method.
5. Translation method.
6. Evaluation.

H]. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal
·        Salam dan tegur sapa
·        Memeriksa absensi siswa
·        Memotivasi siswa dalam menerima pelajaran
·        Mengadakan tanya jawab tentang People’s Job Using Simple Present Tense
·        Menyampaikan penjelasan secara garis besar tentang People’s Job Using Simple Present Tense
2. Kegiatan Inti
Listening           1. Listen to teacher about People’s Job Using Simple Present Tense
2. Question and Answer about People’s Job Using Simple Present Tense
      Speaking          1. Read a loud about People’s Job Using Simple Present Tense
      Reading            1. Reading a loud the text, translate difficult words.
                              2. Reading the text together with a loudly.
      Writing 1. Write the answer on the paper.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru menyimpulkan materi pokok yang telah di pelajari.
b. Evaluasi pambalajaran,serta menanyakan masalah yang terdapat dalam materi
c. Menutup pertemuan.

I]. Media Pembelajaran
Alat & Bahan     :Caption dan gambar.
   Gemilang KTSP 2006




Rencana pelaksanaan pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan guru pembimbing pada tanggal 24 Oktober 2011 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.


      Guru Pembimbing,                                                            Mahasiswa,



      Aulia Yulinda, S. Pd                                                        Julian Anwar
NUPTK 7050757659300053                                         NPM.306.08.12.081

Rencana pembelajaran ini telah diserahkan kepada guru pembimbing pada tanggal 24 Oktober 2011 dan dengan demikian siap untuk dipakai pada hari Senin 24 Oktober 2011 jam pelajaran ke 5-6 dan merupakan latihan ke 4.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]


A]. Identitas
Mata Pelajaran                   : B. Inggris
Kelas                                 : XI TKJ 2
Semester                            : 1 (satu)
Tahun Pelajaran                  : 2011/2012
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 menit
Tema                                  : Curriculum Vitae
Guru Pembimbing               : Aulia Yulinda, S.Pd
Dosen Pembimbing : Rully Rozhani, S.Pd
Pertemuan                          : 4th

B]. Standar Kompetensi [SK]
Siswa dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris secara pada tingkat Elementary Level

C]. Kompetensi Dasar [KD]
Merinci tugas pekerjaan dan latar belakang pendidik yang dimilikinya secara lisan dan tulisan.

D]. Indikator
Curriculum vitae yang sederhana di tulis dengan benar.

E]. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mengerti tentang Curriculum Vitae.
2. Siswa mampu memahami Curriculum Vitae.
3. Siswa mampu menjelaskan Curriculum Vitae.
4. Siswa mampu mengisi Curriculum Vitae.
5. Siswa mampu membuat Curriculum Vitae sendiri dengan benar.

F]. Materi Pokok Pembelajaran
Meaning Curriculum Vitae: Curriculum Vitae is a written description of your work exprerience, educational background and skill.
·        How to make it
1.      Identity
·     Cantumkan identitas anda dengan jelas, seperti : Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat Badan, Alamat Lengkap, Telepon & HP, serta e-mail (bila ada).
2.      Education
·     Cantumkan pendidikan formal dan pelatihan/kursus yang pernah anda ikuti; lengkap dengan tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya. Urutannya dimulai dari pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian pendidikan non formal (pelatihan, kursus, dsb).
3.      Ability
·     Uraikan secara singkat kemampuan anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Misalkan anda melamar kerja di bidang akuntansi, maka jelaskan secara singkat bahwa anda memahami akuntansi dan administrasi, sistem perpajakan, biasa bekerja menggunakan komputer, dsb-nya. Tentu saja kemampuan-kemampuan yang anda tulis/cantumkan tersebut harus benar-benar anda miliki. Jangan mencantumkan kemampuan yang tidak anda miliki.
4.      Work Experience
·     Cantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya, lengkap dengan pangkat, jabatannya, jenis pekerjaan, prestasi (bila ada), tanggung jawab dan wewenang pekerjaan. Serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai menempati dan mengakhiri posisi tersebut. Urutannya dimulai dari pekerjaan (atau jabatan atau posisi) terakhir.
5.      References
·     Bila memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi lamaran kerja untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya).
6.      Other Information
·     Cantumkan pengalaman lain yang menunjang "promosi anda". Dan sebaiknya yang relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Jika anda melamar untuk posisi pemrogram komputer, maka pengalaman anda sebagai Ketua RW atau juara bulutangkis, tentunya tidak relevan.
Ex.
CURRICULUM VITAE
Name               : Julian Anwar
Address           : JL.Sultan Adam Samping Komplek Mandiri IV Permai RT 32 No 15
Telephone        : (0511) 639 4484
Gender             : Male
Date of birth     : July, 5 1990
Marital status    : Unmarried

EDUCATION
MADRASAH IBTIDAIYAH 1 KUALA KAPUAS : School leaving certificate
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SELAT KUALA KAPUAS: School leaving certificate
MADRASAH ALIYAH NEGERI SELAT KUALA KAPUAS : School leaving certificate



EXPERINCES
PT.BORNEO EXPORT KUALA KAPUAS (3 Years )
PT.BINTANG KEJORA BANJARMASIN (1 Years )

OTHER INFORMATION
Can speak english and Italy

REFERENCES
Andi Tohir,Msc, PT BORNEO EXPORT , KUALA KAPUAS
Wisnu Aulia,SH, PT.BINTANG KEJORA, BANJARMASIN

G]. Metode Pembelajaran
1. Oral Method.
2. Conversation practice.
3. Question and Answer exercise.
4. Question – response method.
5. Translation method.
6. Evaluation.

H]. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal
·        Salam dan tegur sapa
·        Memeriksa absensi siswa
·        Memotivasi siswa dalam menerima pelajaran
·        Mengadakan tanya jawab tentang Curriculum Vitae
·        Menyampaikan penjelasan secara garis besar tentang Curriculum Vitae
2. Kegiatan Inti
Listening           1. Listen to teacher about Curriculum Vitae
2. Question and Answer about Curriculum Vitae
      Speaking          1. Read a loud Curriculum Vitae
      Reading            1. Reading a loud the text, translate difficult words.
                              2. Reading the text together with a loudly.
      Writing 1. Write the answer on the paper.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru menyimpulkan materi pokok yang telah di pelajari.
b. Evaluasi pambalajaran,serta menanyakan masalah yang terdapat dalam materi
c. Menutup pertemuan.

I]. Media Pembelajaran
Alat & Bahan     :Caption dan gambar.
English for a Better Life
Rencana pelaksanaan pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan guru pembimbing pada tanggal 29 Oktober 2011 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.


      Guru Pembimbing,                                                            Mahasiswa,



      Aulia Yulinda, S. Pd                                                        Julian Anwar
NUPTK 7050757659300053                                         NPM.306.08.12.081
Rencana pembelajaran ini telah diserahkan kepada guru pembimbing pada tanggal 29 Oktober 2011 dan dengan demikian siap untuk dipakai pada hari Senin 31 Oktober 2011 jam pelajaran ke 5-6 dan merupakan latihan ke 5.




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]


A]. Identitas
Mata Pelajaran                   : B. Inggris
Kelas                                 : XI TKJ 1
Semester                            : 1 (satu)
Tahun Pelajaran                  : 2011/2012
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 menit
Tema                                  : Telling About Past Event
Guru Pembimbing               : Aulia Yulinda, S.Pd
Dosen Pembimbing : Rully Rozhani, S.Pd
Pertemuan                          : 6th

B]. Standar Kompetensi [SK]
Siswa dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris secara pada tingkat Elementary Level

C]. Kompetensi Dasar [KD]
Menceritakan pekerjaan dimasa lalu

D]. Indikator
Ungkapan tentang kegiatan masa lampau dikemukakan dengna benar.

E]. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu memahami tentang Past Event.
2. Siswa dapat mengidentifikasi bentuk kalimat Past Event baik dalam bentuk kalimat positif,negatif dan introgatif.
3. Siswa mampu membuat kalimat dengan Past Event.

F]. Materi Pokok Pembelajaran
Meaning Simple past: The past simple is used for past actions that happend either at the specipic time, which can either be given by a time phrase (yesterday, lst year, etc.)
Pattern  Simple Past
Positif        : S + V2 + Infintive
                        Negatif       : S + did not + Infinitive
                        Introgative : Did + S + Infinitive
S + was/were + V-ing
     Ex. (+) Andi cooked fried chicken last night.
(-)  Andi did not cook fried chicken last night.
(?) did Andi cook fried chicken last night?

G]. Metode Pembelajaran
1. Oral Method.
2. Conversation practice.
3. Question and Answer exercise.
4. Question – response method.
5. Translation method.
6. Evaluation.

H]. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal
·        Salam dan tegur sapa
·        Memeriksa absensi siswa
·        Memotivasi siswa dalam menerima pelajaran
·        Mengadakan tanya jawab tentang Past Event
·        Menyampaikan penjelasan secara garis besar tentang Past Event
2. Kegiatan Inti
Listening           1. Listen to teacher about Past Event
2. Question and Answer about Past Event
      Speaking          1. Read a loud about Past Event
      Reading            1. Reading a loud the text, translate difficult words.
                              2. Reading the text together with a loudly.
      Writing 1. Write the answer on the paper.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru menyimpulkan materi pokok yang telah di pelajari.
b. Evaluasi pambalajaran,serta menanyakan masalah yang terdapat dalam materi
c. Menutup pertemuan.


I]. Media Pembelajaran
Alat & Bahan     :Caption.
EOS (English on Sky)
  
Rencana pelaksanaan pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan guru pembimbing pada tanggal 14 November 2011 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.


      Guru Pembimbing,                                                            Mahasiswa,



      Aulia Yulinda, S. Pd                                                        Julian Anwar
NUPTK 7050757659300053                                         NPM.306.08.12.081


Rencana pembelajaran ini telah diserahkan kepada guru pembimbing pada tanggal 14 November 2011 dan dengan demikian siap untuk dipakai pada hari Selasa 15 November 2011 jam pelajaran ke 7-9 dan merupakan latihan ke 6.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]


A]. Identitas
Mata Pelajaran                   : B. Inggris
Kelas                                 : XI TKJ 2
Semester                            : 1 (satu)
Tahun Pelajaran                  : 2011/2012
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 menit
Tema                                  : Telling About Past Event
Guru Pembimbing               : Aulia Yulinda, S.Pd
Dosen Pembimbing : Rully Rozhani, S.Pd
Pertemuan                          : 7th

B]. Standar Kompetensi [SK]
Siswa dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris secara pada tingkat Elementary Level

C]. Kompetensi Dasar [KD]
Menceritakan pekerjaan dimasa lalu

D]. Indikator
Ungkapan tentang kegiatan masa lampau dikemukakan dengna benar.

E]. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu memahami tentang Past Event.
2. Siswa mampu menggunakan Past Event dalam kalimat.
3. Siswa mampu membuat kalimat dengan Past Event.



F]. Materi Pokok Pembelajaran
Meaning Simple past: The past simple is used for past actions that happend either at the specipic time, which can either be given by a time phrase (yesterday, lst year, etc.)
Pattern  Positif       : S + V2 + Infintive
                   Negatif      : S + did not + Infinitive
                  Introgative : Did + S + Infinitive
S + was/were + V-ing
     Ex. (+) Andi cooked fried chicken last night.
(-)  Andi did not cook fried chicken last night.
(?) did Andi cook fried chicken last night?

G]. Metode Pembelajaran
1. Oral Method.
2. Conversation practice.
3. Question and Answer exercise.
4. Question – response method.
5. Translation method.
6. Evaluation.

H]. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal
·        Salam dan tegur sapa
·        Memeriksa absensi siswa
·        Memotivasi siswa dalam menerima pelajaran
·        Mengadakan tanya jawab tentang Past Event
·        Menyampaikan penjelasan secara garis besar tentang Past Event
2. Kegiatan Inti
Listening           1. Listen to teacher about Past Event
2. Question and Answer about Past Event
      Speaking          1. Read a loud about Past Event
      Reading            1. Reading a loud the text, translate difficult words.
                              2. Reading the text together with a loudly.
      Writing 1. Write the answer on the paper.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru menyimpulkan materi pokok yang telah di pelajari.
b. Evaluasi pambalajaran,serta menanyakan masalah yang terdapat dalam materi
c. Menutup pertemuan.


I]. Media Pembelajaran
Alat & Bahan     :Caption.
   EOS (English on Sky)  
Rencana pelaksanaan pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan guru pembimbing pada tanggal 21 November 2011 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.

      Guru Pembimbing,                    Dosen Pembimbing                                  Mahasiswa,



      Aulia Yulinda, S. Pd                 Rully Rozhani, S.Pd                                 Julian Anwar
NUPTK 7050757659300053          NIK 050102068                             NPM.306.08.12.081

Rencana pembelajaran ini telah diserahkan kepada guru pembimbing pada tanggal 21 November 2011 dan dengan demikian siap untuk dipakai pada hari Senin 21 November 2011 jam pelajaran ke 5-6 dan merupakan latihan ke 7.
                                                                                                            Guru Pembimbing


                                                                                                            Aulia Yulinda, S.Pd
                                                                                               NUPTK 7050757659300053
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A. Identitas
Nama Sekolah                    : SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin
Mata Pelajaran                   : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                  : XII TKJ 1 / 1 (Satu)
Tahun Pelajaran                  : 2011/2012
Tema                                  : Conditional Sentence
Guru Pembimbing               : Aulia Yulinda S,Pd
Dosen Pembimbing : Rully Rozhani S,Pd
Pertemuan Ke                    : 8th (Eighth)
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 Menit

B. Standar Kompetensi (SK)
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate.

C. Kompetensi Dasar (KD)
Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli.

D. Indikator
Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan keinginan atau situasi yang tidak nyata baik untuk masa depan, masa kini atau masa lampau (conditional sentences and subjunctive wish) digunakan dengan tepat.

E. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengetahui pengertian dari Conditional Sentence.
2. Siswa dapat mengetahui fungsi/ kegunaan dari tipe Conditional Sentence.
3. Siswa dapat menggunakan/membuat tipe Conditional Sentence dalam sebuah kalimat



F. Materi Pembelajaran
      Conditional sentences
Conditional sentence are also known as conditional clause or if clauses. They are use to express that the action in the main clause (without if) can only take place if a certain condition (in the clause with if) is fulfilled. There are three types of conditional sentences.
1. Conditional Type 1
Real conditional describes real-life, possible situations.
If + Simple Present, Simple Future Tense
Pattern:

Examples:
a. If I don’t eat, I will get hungry.
b. If you study hard, you will get success.
2. Conditional Type 2
Unreal conditional describes imaginary situations.
If + Simple Past, Future Past
Pattern:

Examples:
a. If I had enough money now, I would buy a new car.
b. If I had much money, I would fly to America.
3. Conditional Type 3
Unreal conditional describes imaginary situations in past.
If + Past perfect, Future past perfect
Formula:

Examples:
a. If I had enough money last Sunday, I would have bought a new car.
G. Metode Pembelajaran
Oral Method
Question and answer



H. Langkah Pembelajaran
1) Kegiatan awal
- Salam.
- Memeriksa daftar hadir.
- Memotivasi siswa dalam menerima pelajaran.
- Menyampaikan garis besar mengenai “conditional sentence.”
2) Kegiatan inti
Listening     : Listen to teacher about conditional sentence.
Writing       : Answer the exercise.
3. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan materi yang telah diajarkan,
- Evaluasi pembelajaran.
- Menutup pelajaran.

I. Media Pelajaran
Alat dan bahan       : Caption.        
Sumber      : English for vocational schools 3 by Yiyis Krisnani LP2IP Gadjah Mada Yogyakarta.

J. Scoring
Written test
Right answer give score      : 6.66
Maximal score                    : 15 X 6.66 = 100       
Rencana pelaksaan pembelajaran ini telah dikonsultasikan dengan Guru Pembimbing pada tanggal   29 November 2011 dan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.
Guru Pembimbing,              Dosen Pembimbing                                  Mahasiswa,



      Aulia Yulinda, S. Pd                 Rully Rozhani, S.Pd                                 Julian Anwar
NUPTK 7050757659300053          NIK 050102068                             NPM.306.08.12.081
Rencana pelaksanaan pembelajaran ini telah diserahkan kepada guru pembimbing pada tanggal 29 November 2011 dan dengan demikian siap untuk dipakai latihan pada hari Rabu tanggal 30 November 2011 jam pelajaran ke 5-6 (10.50-12.20) dan merupakan latihan yang ke 8 (Delapan).




                                                                                                            Guru Pembimbing


                                                                                                            Aulia Yulinda, S.Pd
      NUPTK 7050757659300053













BAB IV

Appendix

Exercise 1
Practice the dialogue with your partner and then answer the question below.
Eko            : Hello.
Adit            : Hello. May I speak with Tony?
Eko            : I’m sorry, he is going to the dentist. Can I take message?
Adit            :  yes, this is Adit, his classmate. Please tell his I’ll call his this evening.
Eko            :  alright. That is all.
Adit            : Yes thank you and good bye.

Question
1.      Who is calling?
2.      Can Adit talk Tony?
3.      Who is Adit?
4.      What do you think about Eko?
5.      What time do you think Adit will call Tony again?


Exercise 2
Make your own dialogue based on the following situation the practice it with your partner!






Exercise 1

Complete the following sentences by adding and, but or or.
1. Mrs. Taylor is tall_______slim.
2. Learning geography is hard _______interesting.
3. I don’t like football_______ soccer.
4. Do you pull the handle _______push it?
5. These tools are old _______still useful.
6. We visited lots of castles _______palaces in England.
7. The classes are quite difficult _______I’m doing well.
8. I didn’t know whether to turn left _______right.




 2
Exercise 2


Complete the following sentences by adding commas and and or or. The first one has
been done for you.

1. You’ll need paper scissors glue.
     You’ll need paper, scissors and glue.
2. I don’t enjoy football swimming homework.
    __________________________________________________.
3. Shall we play tennis read a book watch TV?
    __________________________________________________.
4. Do you want to sit next to Peter David Sam?
    __________________________________________________.
5. We visited India Japan South Korea on our trip.
    ______________________________________________________.
6. Mr. Carter likes classical music pop music jazz.
    _______________________________________________________.
7. No one likes people who are rude mean cruel.
    _____________________________________________________.
.8. Dad has to make our breakfast help us get dressed take us to school.
    _______________________________________________________________________________.



Exercise 1
Change the following sentences into Subjunctive “Wish” and “If Only”
1.      I don’t know.
…………………………………………………………….
2.      You don’t have time.
…………………………………………………………….
3.      They don’t have time.
…………………………………………………………….
4.      They there are not in Japan.
…………………………………………………………….
5.      I didn’t remember her address.
…………………………………………………………….
6.      I am not a pilot.
…………………………………………………………….
7.      He told a lie.
…………………………………………………………….
8.      You can tell me the answer.
…………………………………………………………….
9.      I didn’t study seriously.
…………………………………………………………….
10.   It not cheap.
       …………………………………………………………….






Exercise 1 Complete the sentences in COLUMN A with  the  word from COLUMN B
Column A
Column B
1.    Write for newspaper
A.   A journalist
2.    Serves the passengers on the plane
B.   A teacher
3.    Teach the students
C.    A policeman
4.    Delivers Passengers to the airport
D.   A doctor
5.    Running the train
E.    A stewardess
6.    Sing a song on the stage
F.    A driver
7.    Treat the disease
G.   A Machinist
8.    Read poetry
H.   A singer
9.    Catch Criminals
I.     A fisherman
10.Caches fish at sea
J.     A poet






2
Exercise 2

1.     He speaks five languages. Who is he…?
2.    She works with doctor. Who is she…?
3.    He repairs cars. Who is he…?
4.    She cooks in restaurant. Who is she…?
5.    He sells fruit and Vegetables. Who is he…?
6.    He serves food in a restaurant. Who is he…?
7.    He makes furniture out of wood. Who is he…?
8.    She looks after small children. Who is she…?
9.    He works in film. Who is he…?
10. She serves the passengers on the plane. Who is she…?




Exercise 1

Exercise 2

Make your own curriculum vitae!

Exercise 1 put the verb in the bracket into its correct form.
Ex. We… (learn) some new vocabulary yesterday.
       We learned some vocabulary yesterday.
1 Diana… (walk) to school this morning.
2 You… (sleep) when I called you last night.
3 Hamidah and I… (play) marbles in the school yard yesterday.
4 The Grade XI TKJ… (play) basketball in the gym 1 hour ago.
5 I… (write) a few letters yesterday.
6 Andi… (buy) some new clothes last week.
7 I...(go) to  Paris 1 month ago.
8 I… (not understand) his question.
9 She… (beautiful) girl.
10 I… (finish) My homework at nine last night.












Exercise 1 put the verb in the bracket into its correct form.
Ex. We… (learn) some new vocabulary yesterday.
       We learned some vocabulary yesterday.
1 Diana… (walk) to school this morning.
2 You… (sleep) when I called you last night.
3 Hamidah and I… (play) marbles in the school yard yesterday.
4 The Grade XI TKJ… (play) basketball in the gym 1 hour ago.
5 I… (write) a few letters yesterday.
6 Andi… (buy) some new clothes last week.
7 I...(go) to  Paris 1 month ago.
8 I… (not understand) his question.
9 She… (beautiful) girl.
10 I… (finish) My homework at nine last night.












Exercise 1
1.     (1) If you send this letter now, she will receive it tomorrow.
(2) _______________________________________________
(3) _______________________________________________
2.    (1) If I play the lottery, I will a chance to hit the jackpot.
(2) _________________________________________
(3) _________________________________________
3.    (1) _________________________________________ 
(2) If I were rich, my life would change completely.
(3) _________________________________________ 
4.    (1) ________________________________________________
(2) If I don’t understand the lesson, I would talk a teacher.
(3) ________________________________________________
5.    (1) ________________________________________________
(2) If I had a house by the beach, I would invite all my friends.
(3) ________________________________________________
6.    (1) If you come early, you will not get punish from headmaster.
(2) ________________________________________________
(3) ________________________________________________
7.    (1) _________________________________________
(2) If you didn’t sleep, you would be ill.
(3) _________________________________________ 

8.    (1) ____________________________________________
(2) ____________________________________________
(3) If you had spoken English, she would have understood.
9.    (1) ____________________________________________
(2) ____________________________________________
(3) If you had studied for the test, you would have passed it.
10. (1) _________________________________________________
(2) _________________________________________________
(3) I would have written you a postcard if I had had your address.
Exercise 2
Change these sentences into Conditional sentence type 1, 2 and 3.
1.     You lose library card, call the library.
2.    I lose dorm room key, call the superintendent.
3.    Miss a class, borrow notes from a friend.
4.    The city fix the lights, the accident avoid.
5.    You don't do your homework, I am disappointed.


1 komentar:

  1. Play Slots at Lucky Club - Lucky Club Live Casino
    All the fun of Lucky luckyclub.live Club online slot machines is waiting for you! Play Lucky Club and over 2000 online slots and table games at one of the world's biggest

    BalasHapus